Sinergi PT PMLI dengan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) wujudkan operation excellent Pelabuhan Ambon

Suasana di Perpusakaan PT PMLI saat para Trainer dan Advisor menyampaikan materi kepada peserta

Perkembangan teknologi yang saat ini begitu pesat terasa di seluruh lapisan penjuru dunia, perkembangan dan perubahan yang begitu pesat tersebut tentu sangat berdampak bagai berbagai sendi kehidupan. Untuk beradaptasi dengan keadaan tersebut, tentu kita mau tak mau harus bersahabat dengan keadaan melalui peningkatan kapasitas diri dari segi pengetahuan dan kompetensi insan pelabuhan.

Kunci keberhasilan kinerja operasi dan keuangan pelabuhan adalah fundamental operasi yang baik dari mulai pola operasi, SOP, optimalisasi fasilitas dan peralatan, dan Terminal Operation System (TOS) yang terintegrasi dan terkoneksi.

Dampak dari perkembangan teknologi juga begitu berdampak dalam perubahan bisnis industri kepelabuhanan, maritim dan logistik di Indonesia. Jika perubahan tersebut tidak disikapi dengan manuver jitu tentu kita akan jauh tertinggal dan kalah dalam ketatnya kompetisi. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sebagai gerbang utama rantai logistik di Indonesia Timur tentu tidak berdiam diri dalam menyikapi ketatnya persaingan ini. Sebagai operator pelabuhan terbesar di Indonesia Timur, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) terus berbenah diri dengan melakukan penguatan kompetensi dan pengetahuan pegawainya agar menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien.

peserta yang nampak antusias menyimak penyampaian materi

Upaya tersebut direalisasikan dengan sinergi dengan PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PT PMLI) sebagai pusat keunggulan dan mitra strategis dalam bidang kepelabuhanan, maritim dan logistik. Sebanyak 163 pegawai PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Pelabuhan Ambon mengikuti program asesmen dan konsultasi berbasis dalam jaringan (daring) yang diprakarsai oleh PT PMLI dengan judul Change Management Program for Port Operation. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk me-review kembali kondisi terminal cabang Pelabuhan Ambon setelah mengikuti rangkaian program Change Management yang sebelumnya sudah dilakukan.

Dalam program ini Bapak Muarip sebagai trainer dan advisor menyampaikan materi terkait trend pelabuhan-pelabuhan dunia yang telah berhasil melalui tahapan transformasi serta fakta terkait keluhan pelanggan terhadap pelayanan pelabuhan di Indonesia. Materi tersebut memang sangat penting disampaikan berkaitan dengan kinerja operasi pelabuhan Indonesia yang masih harus menguatkan fundamental kinerja operasi jika dibandingkan dengan pelabuhan-pelabuhan yang ada di dunia. Hal ini dimaksudkan agar memicu semangat para peserta untuk bekerja lebih baik lagi. Terkait dengan cabang Pelabuhan Ambon, Bapak Muarip, GM Pelabuhan Ambon Adi Sutrisno dan VP SCM & Transformasi Mochamad Syukur berpesan agar para peserta tidak merasa berpuas diri dengan transformasi yang sudah dilakukan, karena tantangan yang lebih besar justru akan semakin banyak.

IPC Learning & Consulting
ENERGIZING PEOPLE. ENERGIZING INDONESIA