Cara Jitu Menangani Keluhan Pelanggan 


Memahami kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction) memiliki arti penting terhadap perkembangan perusahaan. Salah satu faktor dalam peningkatan kepuasan pelanggan adalah penanganan komplain pelanggan yang baik dan efektif. Sehingga keterampilan menangani komplain pelanggan merupakan keterampilan yang sangat penting. Untuk mendukung program tersebut PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) bekerja sama dengan IPC Corporate University (PT. PMLI) mengadakan program pelatihan Complaints Handling Strategy yang dilaksanakan pada tanggal 16 s.d 18 November 2016 di Kampus I PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PT.PMLI), Ciawi, Bogor.

Dari 20 orang peserta terdaftar, 16 orang peserta diantaranya hadir mengikuti pelatihan. Adapun peserta pada pelatihan ini adalah pekerja PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang berasal dari kantor pusat, cabang, dan anak perusahaan. Level peserta pun beragam, yakni mulai dari level pelaksana hingga senior officer.

Melalui pelatihan Complaints Handling Strategy ini, para peserta mendapatkan pembekalan mengenai cara mengatasi komplain dari pelanggan, memahami karakter pelanggan, cara atau teknik  mengembalikan hubungan baik dengan pelangchs2gan dan mengetahui  jenis-jenis  cara menangani complaint. Dengan harapan peserta dapat mengimplementasikan ilmu tersebut di unit kerja masing-masing.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung menarik dengan menghadirkan pegajar ahli yaitu Ibu Juliana A. Hutubessy. Beliau memiliki pengalaman mengajar lebih dari 20 tahun. Beliau merupakan salah seorang trainer associate PT. PMLI yang fokus pada pengembangan SDM dengan spesialisasi bidang komunikasi, customer service & leadership. Adapun metode pengajaran yang diberikan diantaranya Learning through practicing and Simulation, dan Discuss and sharing case study. Selain itu terdapat sesi games dan ice breakers yang memiliki nilai-nilai atau makna dari materi pelatihan sehingga peserta dapat lebih memahami materi pelatihan dengan konsep Fun Learning.

PIC : Fitria Permatasari & Silvi Luthvia Nahlia