Workshop Awareness Iso 14001:2015 dan SMK3

Peserta Menyimak Pemaparan dari Trainer

Trainer Menyampaikan Materi

Kini PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC merupakan operator pelabuhan Indonesia yang sangat berkembang, hal ini juga dapat dilihat dari inovasi dan projek kepelabuhanan terkait dalam percepatan peningkatan performa operator pelabuhan di Indonesia. Dengan banyaknya projek untuk mendukung percepatan perkembangan pelabuhan tentunya harus memiliki kemampuan sumber daya manusia yang mumpuni. Namun dengan percepatan transformasi ini, juga tidak lepas dari risiko dan kecelakaan kerja yang terjadi. Industri pelabuhan tempat kita bekerja hari ini memiliki potensi bahaya yang tinggi dan sering kita sadari akan potensi bahaya, kecelakaan kerja dan kerusakan tersebut. Sebagai insan IPC kita harus tahu apa saja potensi bahaya yang ada di sekitar lingkungan kerja dan bagaimana mengatisipasi bahaya tersebut serta mengetahui apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat. Untuk itu sebagai insan IPC harus mengetahui bagaimana sistem manajemen lingkungan dan K3 yang baik di suatu perusahaan tersebut. Salah satu upaya untuk peningkatan awareness dalam manajemen lingkungan dan K3 yakni dengan pelatihan Workshop Awareness ISO 1400:2015 dan SMK3, dimana pelatihan ini diperuntukan bagi insan IPC yang langsung terlibat di masing-masing unit kerja atau cabang PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) sebagai pemegang kontrol manajemen lingkungan dan K3 di lingkungan kerjanya.

Dalam Workshop Awareness ISO 14001:2015 dan SMK3 ini, PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia bekerjasama dengan PT Mitra Kualitas Utama atau Premysis Consulting, yakni salah satu ekspertise dalam bidang IS0 14001:2015 dan SMK3.

Penyampaian Pendapat dan Pertanyaan dari Peserta

Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 7 – 8 Februari 2018 bertempat di Ruang 103 Gedung Learning dan Innovation Center, Kampus I IPC Corporate University, Ciawi. Pada kegiatan Workshop Awareness ISO 14001:2015 dan SMK3 diikuti oleh 29 (dua puluh sembilan) yang terdiri dari 27 (dua puluh tujuh) orang dari Kantor Pusat dan Cabang PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan 2 (orang) dari PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia.

Trainer untuk kegiatan Workshop Awareness ISO 14001:2015 dan SMK3 ini adalah pengajar ahli, berkompeten dan profesional, yaitu dr. Siska Widya Dewi Kusumah dari Premysis Consultan.

Selama kegiatan berlangsung para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan yang terdiri dari penyampaian materi oleh pengajar yang dikombinasikan dengan diskusi, tanya jawab dan studi kasus serta melakukan latihan untuk memperkuat proses pembelajarannya melalui kuis. (Putty Annisa Anugrah/PC)