Pelatihan VTS on The Job Training

Supervisor Classroom Training

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC merupakan operator pelabuhan yang sedang berkembang, salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan performasi di bidang kepelabuhanan, yakni terkait kenavigasian yang memiliki peranan penting dalam pengoperasian traffic kapal yang hilir mudik masuk pada area pelabuhan. Dalam kegiatan kenavigasian di lapangan tentunya IPC membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dalam pengoperasian traffic kapal. Penyelenggaraan sistem kenavigasian didukung oleh pembangunan sistem komunikasi yaitu dengan diadakannya Vessel Traffic System (VTS).  Sebagai salah satu upaya untuk mencetak operator VTS yang handal dan profesional, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) bersama PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia atau IPC Corporate University bekerjasama dengan STC B.V. sebagai salah satu ekspertise di bidang pelabuhan.

Practical On The Job Training Group 3 dan 4

Berdasarkan latar belakang tersebut PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau lebih dikenal dengan IPC bekerja sama dengan PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (IPC Corporate University) menyelenggarakan Pelatihan VTS On The Job Training agar peserta memiliki wawasan dan pengetahuan yang cukup sebagai pemahaman untuk meningkatkan kompetensi dalam mengoperasikan VTS sesuai dengan Standard Operating Procedure. Program ini dilaksanakan pada tanggal 13 November – 1 Desember 2017 di VTS Center PT Pelabuhan Tanjung Priok yang diikuti oleh 22 (dua puluh dua) orang peserta.

Adapun desain dalam pelaksanaan Pelatihan VTS On The Job Training yakni dilakukan terlebih dahulu Supervisor Classroom Training (13 – 17 November 2017) yang berlangsung selama 5 (lima) hari dan diikuti oleh 5 (lima) orang level supervisor dan manager yang berguna untuk memberikan pembekalan pada saat Practical On The Job Training, sedangkan dalam pelatihan Practical On The Job Training (20 – 24 November 2017  dan 26 November – 1 Desember 2017) dibagi menjadi 4 (group) dengan 2 (dua) shift berbeda serta didampingi oleh peserta yang telah mengikuti program Supervisor Classroom Training.

Practical On The Job Training Group 1 dan 2

Trainer / Instruktur / Fasilitator Pelatihan VTS On The Job Training adalah instruktur ahli, berkompeten, professional serta memiliki pengalaman kerja dalam bidang VTS. Narasumber pada kegiatan ini adalah Martin M. H. K. Lathouwers dari STC Group, Belanda.Program On The Job Training V-103/3 mencakup pengetahuan dan kompetensi praktis yang dibutuhkan oleh Instruktur On The Job Training untuk Personil VTS. Program pelatihan ini telah memenuhi persyaratan Kursus Model IALA V-103/3 dan mempersiapkan peserta teori dan keterampilan dalam pelatihan kerja (OJT) dengan fokus khusus pada pembinaan, komunikasi dan evaluasi. Setelah berhasil menyelesaikan, peserta akan melakukan pelatihan kerja, berpartisipasi dalam evaluasi formal dan membuat rekomendasi status sertifikasi tanggapan trainee yang ditugaskan dalam konteks IALA V-103. Dengan Pelatihan On The Job untuk personil VTS Tanjung Priok adalah salah satu upaya menghasilkan operator VTS yang handal dan profesional dan menjadikan pelabuhan lebih aman dan efisien. (Putty Annisa Anugrah/PC)