Pelatihan Pilot Training New Operator Reach Stacker

Swa Foto Peserta dengan Trainer

Pelatihan Pilot Training New Operator Reach Stacker merupakan salah satu pelatihan yang dirancang dalam project kerjasama antara PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia dengan STC Internasional. Program ini dirancang oleh beberapa calon Instruktur dari Pelabuhan Indonesia I, II, dan IV dengan pendampingan oleh tenaga ahli dari STC Internasional. Pentingnya peningkatan kompetensi para pekerja pada lini utama Pelabuhan menjadi salah satu pencetus pembuatan desain program pelatihan ini.

Para calon Instruktur program Pelatihan New Operator Reach Stacker tidak hanya diberi wawasan mengenai bagaimana menjadi Instruktur dan cara membawakan materi pelatihan ini, namun juga membuat modul dan desain pelatihan bersama. Dalam proses perjalanan pembuatan desain program Pelatihan New Operator Reach Stacker tentu diperlukan pengecekan atas modul yang telah dibuat sebelum pelaksanaan program sesungguhnya. Oleh karena itu perlu dilakukan Pilot Training, dimana dalam pelaksanaannya diharapkan para calon Instruktur dapat menilai kecocokan modul dan desain yang telah dibuat dengan kondisi peserta dan terminal lapangan di Pelabuhan yang ada di Indonesia.

Program Pelatihan Pilot Training New Operator Reach Stacker dapat terlaksana atas kerjasama dengan PT Multi Terminal Indonesia. Lokasi praktek program ini berada di PT Multi Terminal Indonesia (MTI) dan diikuti oleh peserta dari pekerja PT MTI sebanyak 4 (empat) orang. Para peserta program Pelatihan Pilot Training New Operator Reach Stacker juga diberikan keleluasaan untuk menambahkan saran atau masukan terhadap modul dan desain pelatihan yang sudah dirancang sebelumnya, agar di waktu mendatang dapat memberikan hasil yang lebih maksimal dalam meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia, khususnya Operator Reach Stacker. Dalam jangka panjang diharapkan program Pelatihan New Operator Reach Stacker akan menjadi salah satu faktor meningkatnya produktivitas kegiatan bongkar muat di seluruh Pelabuhan Indonesia.

Kegiatan Pelatihan Pilot Training Reach Stacker ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari, yaitu pada tanggal 13 s.d 17 November 2017. Pelaksanaan pelatihan bertempat di Ruang SS, Campus II Walang, IPC Corporate University, Jl. Dewi dewi No.1 Walang, Tanjung Priok – 14260 dan PT. Multi Terminal Indonesia (MTI) – Jakarta utara. (Della Yunita Sari/PC)