Manajemen strategidddssm

Judul                  : Manajemen Strategis : Teori dan Aplikasi

Pengarang          : Irham Fahmi

Penerbit              : Alfabeta

Tahun                 : 2013

ISBN                   : 602-7825-54-5

Salah satu tugas penting seorang manajer adalah menjamin perusahaan yang dipimpinnya tetap berada dalam keadaan stabil dalam berbagai keadaan dan situasi yang ada. Dengan begitu ruang lingkup tanggungjawab seorang manajer menjadi sangat luas, seperti kata pepatah dalam kekuatan yang besar lahir tanggungjawab yang besar.

Posisi manajer dapat dianggap sebagai posisi kunci yang menentukan maju dan mundurnya suatu perusahaan. Sehingga berbagai kebijakan strategi yang dianggap menguntungkan dan mampu membawa perusahaan ke arah kemajuan kompetitif sering dilakukan oleh manajer. Tidak bisa dikesampingkan jika kebijakan strategi lahir dan direncanakan dengan matang, reference dan experiance dianggap dua sisi yang begitu besar mempengaruhi lahirnya sebuah keputusan. Karena dampak sebuah keputusan terjadi pada berbagai lini pekerjaan, termasuk pada peningkatan penjualan, bab pertama dalam buku ini akan membahas tentang strategi, ruang lingkup dan berbagai kajian lainnya.

Definisi Manajemen Strategis

Manajemen strategis adalah suatu rencana yang disusun dan dikelola dengan memperhitungkan berbagai sisi dengan tujuan agar pengaruh rencana tersebut bisa memberikan dampak positif bagi organisasi tersebut secara jangka panjang. Salah satu fokus kajian dalam manajemen strategis ingin memberikan dampak penerapan konsep strategis kepada perusahaan secara jangka panjang atau sustainable termasuk dari segi profit yang stabil. Profit yang stabil dipengaruhi oleh stabilitas penjualan yang terus mengalami pertumbuhan (Constant Growth).

Ruang Lingkup Manajemen Starategis

Secara umum ruang lingkup kajian manajemen strategis sangat luas baik dari segi internal dan eksternal. Namun secara umum ruang lingkup kajian manajemen strategis bergerak atas dasar pemahaman di bawah ini, yaitu:

  1. Mengkaji dan menganalisis dampak penerapan manajemen strategis  keapada internal perusahaan khususnya pada perbaikan yang bersifat sustainable (berkelanjutan)
  2. Menempatkan knstruksi manajmen strategis sebagai dasar pondasi perusahaan dalam memutuskan setiap keputusan, khususnya keputusan yang berhubungan dengan profit dan ekspansi perusahaan. Artinya fokus kerja dalam pencapaian kedua sisi tersebut mengacu kepada konstruksi manajemen strategis.
  3. Menjadikan ilmu manajemen strategis sebagai base thingking dalam membangun berbagai rencana termasuk rencana produksi, pemasaran, personalia, dan keuangan.

Dampak Penerapan Manajemen Strategis pada Perusahaan

Di setiap perusahaan baik kecil hingga besar penerapan aplikasi ilmu manajemen strategis menjadi sangat terlihat. Karena ketika keputusan perusahaan ingin melakukan berbagai keputusan maka analisis strategis ditingkat top managemnt hingga komisaris perusahaan.

Dalam perbincangan serius dari para top management dan komisasris sering menyangkut dengan dua sisi pembahasan, yaitu:

  1. Ekspansi yang mempengaruhi bertambahnya aset perusahaan yang otomatis meningkatkan penjualan, dan
  2. Ekspansi yang menyebabkan bertambahnya utang perushaan yang disebabkan oleh faktor kebutuhan dana.

Konsep manajemen strategis memang dipakai untuk membangun sustainable (keberlanjutan) bisnis. Dan itu salah satunya dengan memahami lingkungan (environment) khususnya lingkungan industri secara benar dan baik. Setiap perusahaan memang dituntut untuk bisa dengan cepat memahami arah kondisi pergerakan persaingan bisnis. Karena tidak mungkin membuat strategi bisnis jika seorang pebisnis tidak memiliki kemampuan menganalisis persaingan bisnis.

Beberapa Permasalahan Umum dalam Manajemen Strategis

Pengkajian dan pembahasan tentang manajemen strategis menjadi semkin sering dibahas pada saat persaingan bisnis semakin tajam. Sebenarnya salah satu faktor mengapa persaingan terjadi begitu tinggi pada saat ini, disebabkan oleh keinginan setiap perusahaan memanfaatkan setiap peluang yang ada dengan menempatkan berbagai rencana strategis di dalamnya.

Rencana strategis dianggap sebagai salah satu  base concept yang teraplikasi dalam bentuk keputusan-keputusan strategis yang bertujuan salah satunya membangun daya tahan perusahaan terhadap berbagai hantaman persaingan dunia usaha.

Ilmu manajemen strategis adalah salah satu solusi konstruktif yang selama ini dipelajari oleh berbagai pihak. Penjelasan dalam buku ini diusahakan secara maksimal untuk memberikan gambaran tentang kondisi realistis dunia bisnis serts diikuti dengan berbagai contoh perusahaan dalam dan luar negeri, dengan tujuan agar para pembaca mampu memahami ilmu manajemen strategis secara lebih aplikatif dan juga bisa menerapkannya dengan baik.