bookcover_9783790817652Judul               : Essays on Port Economics

Editor               : Pablo Coto – Milan, Miguel Angel Pesquera, Juan Castanedo

Penerbit           : Physica – Verlag

Tahun              : 2015

ISBN               : 978-3-7908-2425-4

Bahasa            : Inggris

Pelabuhan menggunakan pemasaran pelabuhan sebagai pedoman untuk menghadapi permintaan dalam pandangan pasar yang lebih terbuka dan kompetitif; karenanya, pemasaran pelabuhan dianggap sebagai alat bernilai tinggi dalam rangka mencari dan menangkap pasar dan produk baru.

Tujuan buku ini adalah menawarkan  gambaran yang komprehensif tentang ekonomi pelabuhan bagi para ilmuwan, mahasiswa, dan profesional. Buku ini terbagi menjadi lima bagian. Bagian pertama, mendefinisikan permintaan terhadap layanan pelabuhan menggunakan pendekatan ekonomi. Bagian kedua, menganalisis penyediaan layanan pelabuhan menggunakan fungsi produksi, biaya, investasi dan keuntungan dari berbagai pelabuhan. Bagian ketiga, menggabungkan dua bagian sebelumnya mengenai pasokan dan permintaan untuk menawarkan konfigurasi pasar global. Bagian keempat, menganalisis peraturan dari berbagai jenis efisiensi teknis, alokatif dan ekonomi. Bagian kelima, penggunaan metodologi analisis cost-benefit untuk menilai kelayakan pembangunan pelabuhan baru atau memperluas yang sudah ada.

Salah satu kegiatan ekonomi adalah menentukan strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah keseluruhan tindakan-tindakan yang disiapkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk mencapai sasaran-sasarannya. Di pemasaran pelabuhan, terdapat tujuh unsur strategi pemasaran, yaitu:

1. Karakteristik pelabuhan modern

infrastruktur yang sesuai; organisasi yang efisien; manajemen yang efisien; spesialisasi; tingkat kecocokan negosiasi perusahaan terkait dengan pelabuhan

2. Faktor daya saing

penempatan dan kondisi geografis pelabuhan; ukuran dan jenis pasar yang dicakup dan dilayani; infrastruktur dan peralatan yang ada; akses jaringan; tataran organisasi pelabuhan; hubungan dengan perusahaan maritim dan operator pelabuhan.

3. Analisis tentang konteks pelabuhan

agen yang mempengaruhi port; segmen pasar; undang-undang; kualitas pelayanan; posisi strategis; aksesibilitas dan integrasi; staf teknis.

4. Strategi analisis pemasaran

a. alat: produk dan layanan pelabuhan; harga dan tarif; distribusi dan komunikasi

b. Faktor: daya saing, diferensiasi; kriteria

Buku ini dapat diakses di http://lib.ipc-corporateuniversity.com/index.php?keywords=Essays+on+Port…