Effective Change Management in Projects Batch 1

Swa Foto Peserta ECM Batch I

Perubahan bisnis dan lingkungannya dengan begitu cepat harus diiringi pula dengan manuver-manuver jitu jika tidak ingin terlindas atau kalah dari kompetisi. Perubahan ini tidak hanya berdampak terhadap sistem, tapi juga pelaksana sistem itu sendiri, yaitu Manusia. Melalui Change Management, yakni sebuah proses terstruktur dan sistematis untuk membantu transisi individu, tim kerja, ataupun organisasi dari sebuah kondisi ke arah tujuan yang diinginkan. Goal dari proses change management  adalah untuk memastikan bahwa method dan prosedur yang telah distandarisasi  digunakan untuk efisiensi dan menghandle seluruh perubahan, dalam rangka meminiimalisasi impact dari perubahan  terkait dengan perubahan (change) terkait dengan  incident  terhadap service quality dan konsekuensi untuk melakukan peningkatan terhadap day to day operation dari organisasi.

Kini PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC merupakan operator pelabuhan Indonesia yang sangat berkembang, hal ini juga dapat dilihat dari inovasi dan projek kepelabuhanan terkait dalam percepatan peningkatan performa operator pelabuhan di Indonesia. Dengan banyaknya projek untuk mendukung percepatan perkembangan pelabuhan tentunya harus memiliki kemampuan sumber daya manusia yang mumpuni. Salah satu nya yakni dapat mengelola dan mengembangan projek tersebut secara akurat sehingga dapat diimplementasikan dan berdampak langsung terhadap bisnis inti IPC. Salah satu upaya untuk peningkatan dalam mengella projek tersebut yakni dengan pelatihan Effective Change Management In Project, yakni dimana pelatihan ini diperuntuka bagi insan IPC yang langsung berkecimpung di projek kepelabuhanan, khususnya saat ini adalah di bidang operasional.

Suasana Diskusi Peserta Pelatihan

Berdasarkan latar belakang tersebut PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) bekerja sama dengan PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (IPC Corporate University) mengadakan Pelatihan Effective Change Management Batch 1 bertempat di Hotel Olympic Renotel Sentul selama 3 (tiga) hari, yaitu pada tanggal  11 – 13 Desember 2017 yang dihadiri 13 orang peserta. Pelatihan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari direktorat operasi, yakni dari pelayanan petikemas, pelayanan kapal, dan pelayanan barang & penumpang. Trainer pada kegiatan ini bekerjasama dengan PT Briktru Mitra Sejati, yakni salah satu ekspertise dalam bidang Change Management yaitu, Adi Pratomo dan Asisten Trainer Bayu Waskitojurutno. Selama kegiatan berlangsung para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dengan metode Experiential Learning  sehingga lebih fun, yakni seperti Lego Bricks, Business Simulation Game & Role Play hingga Computer based Online Business Game. (Bina Bintana Dewi Martaatmadja/PC)