Komitmen Tingkatkan Kapabilitas SDM Kepelabuhanan, PT PMLI Tandatangani Nota Kesepakatan dengan STIAMAK Barunawati Surabaya

Swa Foto Usai Penandatananganan MoA

Bogor, 21 Januari 2022. Usai dilakukan penggabungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo, perusahaan-perusahaan dan yayasan di bawah naungan ex-Pelindo I, II, III dan IV turut serta melakukan kolaborasi dan sinergi dalam mendukung Visi Pelindo. PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PT PMLI) yang juga merupakan bagian penting dari Pelindo turut melakukan langkah konkret dalam menindaklanjuti penggabungan ini. Sebagai satu-satunya korporasi yang menangani peningkatan kapabilitas SDM kepelabuhanan, maritim dan logistik di lingkungan Pelindo, PT PMLI terus berbenah dan mempersiapkan diri guna turut serta menggabungkan diri demi terciptanya kelancaran arus logistik di Indonesia.

Suasana Pertemuan di Ruang Rapat Gedung Manajemen PT PMLI

Upaya-upaya yang dilakukan PT PMLI tersebut tercermin salah satunya melalui sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik BUMN, BUMD, BUMS maupun institusi pendidikan. Terlebih usai penggabungan yang dilakukan Pelindo, PT PMLI didapuk untuk mengemban tugas yang tidak mudah yaitu sebagai special vehicle purpose dalam pengembangan SDM di lingkungan Pelindo. Proses penjajakan kerjasama yang dilakukan PT PMLI baru-baru ini adalah penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya yang dilakukan pada Sabtu, 6 November 2021 yang lalu. Kerjasama tersebut meliputi bidang pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kepelabuhanan, maritim dan logistik, serta pemanfaatan fasilitas yang dimiliki oleh PT PMLI.

Menyusul proses penandatanganan MoU yang telah dilakukan, jajaran pengurus dan civitas akademika STIAMAK Barunawati pada hari ini melakukan kunjungan ke PT PMLI. Dalam sambutannya, Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya Dr. Ir. Sumarzen Marzuki, M.MT menjelaskan bahwa kedatangan rombongannya ke PT PMLI merupakan kunjungan balasan “Usai penandatanganan MoU beberapa waktu lalu, kali ini kami bserta rombongan berkunjung ke Ciawi ini dalam rangka kunjungan balasan yang sudah dilakukan PMLI. Selain itu juga sebagai tindak lanjut dari proses kerjasama yang telah kita mulai untuk ke depan kita bisa berkolaborasi memberikan sumbangsih kepada Bangsa Indonesia” ujar beliau. Lebih dari itu, beliau menyambut baik atas keterbukaan PT PMLI untuk bersinergi dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan singkat (short course) yang bisa dikerjasamakan antara kedua institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan itu.

Dirut PT PMLI, saat Menjelaskan Fasilitas di Sela-sela Peninjauan

Sementara itu Direktur Utama PT PMLI Chiefy Adi Kusmargono menyambut baik langkah yang diambil oleh STIAMAK Barunawati Surabaya untuk berkolaborasi dengan PT PMLI “Kami PT PMLI tentunya membuka diri dalam upaya sinergi dan kolaborasi sesama anak bangsa untuk turut bisa memberikan sumbangsih demi peningkatan ekonomi Indonesia melalui bidang kepelabuhanan. Ke depan tentunya hal-hal yang bisa kita kerjasamakan harus bisa direalisasikan dengan baik, terlebih dalam peningkatan kapabilitas SDM kepelabuhanan untuk mendorong pelayanan Pelabuhan Indonesia agar lebih prima” jelas beliau. Dalam sambutannya, beliau juga menekankan agar tidak perlu lagi melakukan pembangunan fisik, mengingat fasilitas yang dilakukan PT PMLI sudah sangat cukup mumpuni dalam mengakomodir kegiatan pendidikan dan pelatihan bidang kepelabuhanan, maritim dan logistik Indonesia. “Saya selalu menekankan untuk tidak lagi melakukan pembangunan fisik, tapi mari kita maksimalkan fasilitas PMLI ini agar bisa kita gunakan dalam rangka tumbuh bersama membangun Indonesia” ujarnya di sela-sela pertemuan.

Sebelum dilakukan pertemuan di ruang rapat gedung manajemen PT PMLI hari ini, rombongan STIAMAK Barunawati Surabaya diajak untuk meninjau secara langsung fasilitas PT PMLI yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 5 hektar itu.

PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia
ENERGIZING PEOPLE. ENERGZING INDONESIA