Warehouse Management

Read more

Supply Chain

Pelatihan Supply Chain (logistic) Management

Ciawi – 18 – 20 SEPTEMBER 2017 – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) lahir sebagai tindak lanjut UU No 21 tahun 1992 mengenai badan usaha pelabuhan. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) merupakan salah satu BUMN di sektor perhubungan yang bergerak dalam bidang pengelolaan dan pengusahaan pelabuhan umum. Wilayah operasi perusahaan mencakup 10 provinsi untuk mengelola 12 pelabuhan.

Supply Chain

Supply Chain

Kebutuhan mengenai proses integrasi suatu produk melatar belakangi lahirnya  Supply Chain Management atau Manajemen Rantai Pasokan, yaitu suatu proses untuk mengintegrasi, mengkoordinasi dan mengontrol pergerakan bahan baku menjadi produk jadi dan mengirimkannya kepada konsumen. Pergerakan informasi juga termasuk dalam proses ini. Segala upaya biasanya dilakukan agar proses tersebut dapat dilakukan secara efektif dan efisien untuk memaksimalkan nilai yang bisa didapatkan oleh konsumen serta untuk mencapai suatu keuntungan yang berkelanjutan.

Berdasarkan latar belakang tersebut PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau lebih dikenal dengan IPC bekerja sama dengan PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (IPC Corporate University) menyelenggarakan Pelatihan Supply Chain (Logistic) Management  guna membekali pengetahuan kepada para pekerja khususnya di Terminal Non Petikemas mengenai peranan pelabuhan dalam Supply Chain (Logistic) Management. Program Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 18-20 September 2017

 

Kegiatan ini dilaksanakan di lantai 1, Ruang A. 105 Gedung Learning dan Innovation Center, IPC Corporate University, Ciawi. Kegiatan ini dihadiri 24 orang peserta dari 25 orang peserta yang terdaftar. Peserta berasal dari berbagai unit kerja / cabang di IPC. Trainer pada kegiatan ini adalah Iman Gandi yang merupakan Course Director dari ALFI Institute. Selama kegiatan berlangsung para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mereka menyimak dengan seksama setiap materi yang dijelaskan oleh trainer, melakukan diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi dengan baik.

 

PC : Putty Annisa Anugrah

PMLI Menerima Kunjungan dari STC yang dipimpin oleh Mr. Fritst Gronsveld, Chairman of the Board of Directors dan Kedutaan Besar Belanda

Pada tanggal 25 September 2017, PT PMLI menerima kunjungan dari STC yang dipimpin oleh Mr. Fritst Gronsveld, Chairman of the Board of Directors dan Kedutaan Besar Belanda di Indonesia yang diwakili oleh Mr Melcher Klink, Senior Policy Advisor.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari program kerjasama PMLI dengan STC yang mendapatkan dana hibah (grant) dari pemerintah Belanda. Dalam program tersebut, STC akan membantu PMLI dalam melatih calon Trainer dan mengembangkan modul pelatihan. Secara garis besar program tersebut dibagi menjadi 2 (dua) kategori yaitu Operasional Alat dan Operasional Terminal. Modul Operasional Alat terdiri dari Gantry Luffing Crane, Jib Crane, Mobile Harbour Crane, Empty Handler, Reach Stacker, Forklift, dll. Sedangkan Operasional Terminal meliputi modul Yard-Ship Planning, Gate Operation, Dangerous Goods, Loading Master, Operational Stockpile, dll.

Train the Trainer - STC

Train the Trainer – STC

Logistic and Warehouse Management

Foto: Rengga Sancaya - Wagub Jabar

Pemprov Jabar Kembangkan Ecovillage di DAS Ciliwung

Bogor – Kota Bogor menjadi satu dari sepuluh daerah di Jawa Barat yang difokuskan untuk pengembangan Gerakan Pengembangan Desa Berbudaya Lingkungan (Eco Village). Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan DLH Kota Bogor menggelar Sawala Eco Village.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) mengatakan sosialisasi Ecovillage dapat memperkuat sikap dan perilaku masyarakat, sehingga ada kesadaran dari warga untuk berbenah lingkungan.

Setelah berdirinya Ecovillage katanya, mulai ada warga yang peduli melakukan pengolahan sampah yang dimulai dengan memilah sampah kering dan basah, tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan drainase, menjaga sumber, kualitas dan pola penggunaan air.

Edy Purwarto bersama Deddy Mizwar

Edy Purwarto bersama Deddy Mizwar

“Saya harap sepanjang sungai diharapkan menjadi tempat yang nyaman, bisa dimanfaatkan untuk wisata dan pemberdayaan masyarakat,” ungkap Demiz dalam keterangan tertulis, Kamis (31/8/2017).
Demiz mengatakan itu pada kegiatan Sawala Ecovillage DAS Ciliwung dengan tema ‘Lingkungan Tanpa Tapal Batas’ di PT. Pendidikan Maritim dan Logistik/PELINDO II Persero, Ciawi, Bogor, Rabu (30/08/2017).

Terkait Sawala ecovilage DAS Ciliwung, Demiz mengatakan hal ini perlu apresiasi besar, karna masyarakat yang jadi peran utama dalam membangun kesadaran lingkungan. Di mana tanpa peran serta masyarakat, akan sulit membangun budaya dasar ingkungan.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jabar Anang Sudarna mengatakan Ecovillage di DAS di Ciliwung dimulai satu tahun yang lalu dengan 15 desa. Mulai tahun ini, bertambah 15 desa/kelurahan lainnya, yaitu 10 desa di Kabupaten Bogor, dan 5 kelurahan di Kabupaten Bogor.

“Di desa/kelurahan tersebut berkembang berbagai aktivitas, termasuk pengolahan sampah, penyelamatan mata air, dan lain-lainnya, dari desa/kelurahan tersebut juga sudah terbentuk 19 bank sampah,” jelas Anang.
(ega/ega)

 

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3623033/pemprov-jabar-kembangkan-ecovillage-di-das-ciliwung?_ga=2.241926660.760348828.1504752480-174752369.1501811991