Port Business Stakeholder Management 2

Port Business Stakeholder Management

PMLI Selenggarakan Quarterly Panel Discussion “Port Business Outlook 2017”

Ciawi, 27 September 2016 – PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PT PMLI) menyelenggarakan forum diskusi “Quarterly Panel Discussion” edisi perdana bertema “Port Business Outlook 2017” di Kampus I PT PMLI Ciawi. Sebanyak 64 peserta dari Kantor Pusat IPC, Cabang Pelabuhan IPC, Anak Perusahaan, dan eksternal IPC Group seperti PT PELINDO III, INSA dan HAPI hadir pada kesempatan ini. Acara ini diharapkan menjadi agenda rutin triwulanan sebagai wadah diskusi, dan tukar-menukar informasi (sharing) yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan di bidang kepelabuhanan dengan mengangkat topik tentang isu-isu strategis di bidang kepelabuhanan.

Rangkaian acara forum diskusi diawali dengan sambutan dari Direktur Utama PT PMLI, Ibu Nina Insania K. Permana. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan keyakinannya bahwa “forum ini akan menjadi langkah kecil yang memberikan manfaat dan kontribusi untuk memajukan dunia kepelabuhanan di Indonesia”. Forum Diskusi dibagi dalam dua panel. Panel pertama diisi dengan pemaparan mengenai Global Port Business Outlook 2017 oleh dua narasumber yaitu Kepala Bagian HRD UNCTAD, Bapak Mark Assaf – dan Direktur Dublin Port Company, Bapak John Moore, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selanjutnya panel kedua diisi dengan pemaparan Brief Economic & Port Outlook 2017 dari perspektif nasional yang disampaikan oleh tiga narasumber yaitu Ekonom Universitas Indonesia, Bapak Padang Wicaksono, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha IPC, Bapak Saptono R. Irianto, dan Direktur Akademi Kepelabuhanan dan Maritim PT PMLI, Bapak Budiyono Doel Rachman. Masing-masing membawakan paparan dari sisi makro ekonomi nasional, sisi korporasi dan sisi mikro tentang konsesi pelabuhan.

Dalam pemaparannya, salah satu narasumber yaitu Bapak Saptono, menyampaikan tentang konsep “Integrated Port” dimana tren integrasi ini telah berhasil meningkatkan pelayanan hingga 33-50% pada pelabuhan dunia. Konsep inilah yang diterapkan dalam pembangunan New Priok Port. Setelah sesi tanya jawab panel kedua ditutup, acara diakhiri dengan sesi makan siang dan ramah tamah.

Materi pembicara dapat diakses melalui link http://www.ipc-corporateuniversity.com/quarterly-panel-discussion-port-strategic-issues.